Kereta Api di Indonesia, Perkembanganmu Kini dan Nanti
Banyak doa dan harapan untuk
kereta api agar lebih baik lagi!
28 September 1945 silam, para pegawai kereta api Indonesia telah berhasil
merebut Balai Besar Kereta Api Bandung dari para kolonial Jepang, peristiwa
besar dan bersejarah itu akhirnya membuat tanggal 28 September diperingati
sebagai Hari Kereta Api Indonesia.
Kereta api telah menjadi moda transportasi yang paling digemari oleh
penduduk di pulau Jawa dan Sumatera hingga saat ini. Pebaikan dan perubahan
terus menerus dilakukan oleh PT. Kereta Api Indonesia demi memberikan yang
terbaik bagi setiap penggunanya. Apakah ada yang masih ingat, dahulu ketika
akan naik kereta api harus berdesakan satu sama lain, berebut untuk mendapatkan
kursi, dan pusingnya berada di dalam kereta karena banyak pedagang yang lalu
lalang menjajakan makanannya? Ya, semua hal tersebut pernah dialami oleh banyak
orang termasuk saya dan itu akan menjadi sebuah pengalaman yang tidak
terlupakan tentang perkeretaapian di Indonesia. Tapi sekarang? Hilangkan dan
buang jauh-jauh semua keburukan itu, karena PT. KAI sudah merubah semuanya
menjadi lebih baik dan akan terus begitu sampai di masa mendatang nantinya.
Lalu, apa sih yang diharapkan dari para penumpang kereta api di masa
mendatang? Saya menjawab mewakili jutaan orang pengguna kereta api di Indonesia,
dimana mereka sebenarnya hanya punya satu keinginan saja, yaitu masalah kenyamanan.
Mengapa demikian? Ya, kenyamanan menjadi faktor paling penting karena bisa mencakup
ke semua aspek mulai dari masalah infrastruktur sampai dengan masalah pelayanan.
Mari coba kita lihat dan perhatikan sejenak, hal apa saja yang sudah baik saat
ini dan diharapkan akan lebih baik di masa mendatang nanti untuk kereta api di
Indonesia. Pertama adalah sektor infrastruktur, dimana sektor ini seolah
menjadi fondasi utama untuk membentuk unsur-unsur lain agar lebih baik lagi
seperti salah satunya adalah ketersediaannya fasilitas penjunjang yang ada di stasiun,
sumber daya manusia (SDM), sampai dengan masalah keselamatan dan keamanan dari
para pengguna kereta api itu sendiri. Perubahan pun sudah bisa kita lihat dari
banyaknya perbaikan stasiun kereta api seperti peremajaan bangunan, nyamannya
area tunggu peron dengan banyak kursi duduk di sana, sampai penataan tata ruang
di stasiun yang semakin rapi. Saya masih ingat betul dahulu ketika akan menunggu
kereta api datang, di dalam peron stasiun sungguh penuh oleh orang-orang yang
akan mengantar, orang-orang yang akan menjemput, dan juga penuh sesak oleh para
pedagang asongan kaki lima yang lalu lalang berjualan, para pedagang yang
berteriak menjajakan dagangannya demi mendapatkan pembeli, sungguh pusing
rasanya. Tapi sekarang? Kita tidak akan melihat dan menikmati pengalaman buruk
itu lagi, karena saat ini di dalam peron stasiun hanya bisa dimasuki oleh
mereka yang memang ingin bepergian atau mereka yang baru saja tiba. Tidak hanya
itu, nyamannya area peron stasiun juga ditunjang dengan banyaknya fasilitias
untuk memberikan kenyamanan bagi setiap pengguna moda transportasi kereta api
ini, mulai dari bersihnya toilet umum, nyamannya tempat beribadah, adanya supermarket,
sampai banyaknya restoran tempat makan yang ada di dalam stasiun, bye…bye lapar!
Fasilitas penunjang lainnya yang dibuat untuk mempermudah para
pengguna moda transportasi kereta api adalah masalah ticketing. Ada yang masih ingat tidak, dahulu ketika saat akan
bepergian menggunakan kereta api, kita harus mengantri panjang berjam-jam di
stasiun untuk mendapatkan tiket, berpanas-panasan mengantri bersama yang lain,
dan meluangkan waktu yang tidak sedikit tentunya. Tapi sekarang, kita bisa
dengan mudah membeli tiket kereta api dengan hanya beberapa kali klik saja di
situs resmi PT. KAI dan semuanya bisa dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya tanpa
harus repot mengantri panjang dan kepanasan di depan loket stasiun kereta api,
enak bukan? Begitupun saat hari keberangakatan tiba, dimana kita tidak perlu
mengantri lagi untuk menukar bukti pembelian tiket ke loket, hanya perlu mencari
mesin check-in dan kita bisa mencetak
boarding pass dengan mudah secara
mandiri hanya dengan memasukkan kode booking-nya
saja. Semua hal ini memberikan keuntungan lebih dari sektor efisiensi dan
kepraktisan untuk setiap calon penumpang yang hendak bepergian menggunakan moda
transportasi kereta api ini. Fasilitas lain dari PT. Kereta Api Indonesia yang
memberikan dampak positif bagi para pengguna kereta api adalah sudah adanya layar
informasi real time yang ada di
hampir setiap stasiun kereta api. Layar informasi real time ini memuat sejumlah list
keberangakatan kereta api lengkap dengan jadwal tibanya di stasiun, yang akan
meminimalisir kita dari masalah “ketinggalan” kereta api.
Selanjutnya, ada sektor Sumber Daya Manusia (SDM) yang punya kaitan
erat dengan masalah pelayanan, keselamatan, dan juga keamanan. Ya, seperti yang
sudah kita sadari dan nikmati bahwa pelayanan dari PT. KAI banyak mengalami kemajuan
yang cukup signifikan, misalnya seperti banyaknya petugas di stasiun kereta api
yang ramah dalam melayani setiap calon penumpangnya, begitu pun dengan petugas di
dalam kereta api yang juga melayani setiap penumpangnya dengan sigap dan
tanggap. Saya punya pengalaman menarik saat melakukan perjalanan dari Jakarta
menuju Malang dengan menaiki kereta eksekutif Bima, di tengah perjalanan kalau
tidak salah sekitar jam 11 malam Ibu saya mengeluh kepalanya pusing, sedangkan
saya sama sekali tidak membawa obat mual/pusing, akhirnya saya pergi ke
restorasi dan diberitahukan untuk mengirimkan pesan ke nomor ponsel customer service yang ada pada di setiap
gerbongnya. Tidak lama setelah memberitahukan dimana saya duduk, balasan ramah
pun langsung masuk melalui pesan singkat, dan beberapa saat setelah itu, salah
satu petugas berseragam menghampiri saya dan memberikan 2 butir obat
mual/pusing secara cuma-cuma. Keren!
Last but not least, adalah
sektor kemanan dan keselamatan kereta api, mulai dari adanya verifikasi KTP
(Kartu Tanda Pengenal) yang ketat, sampai penjagaan keamanan di stasiun kereta
api yang juga sudah banyak petugas di sana untuk meminimalisir terjadinya
tindak kejahatan yang tidak diinginkan. Namun memang ada hal yang perlu
ditingkatkan lagi mengenai masalah keselamatan dan kemanan kereta api di
Indonesia ini khususnya daerah yang dilalui oleh lintasan rel kereta api.
Mengapa? Ya, masih banyaknya jalan umum tanpa adanya penjagaan dan palang
perlintasan kereta api di sana, jadi tidak heran kalau kita masih sering
mendengar berita dari banyaknya kecelakaan yang terjadi di lintasan jalur
kereta api.
Namun, sampai sejauh ini kita tetap harus mengapresiasi inovasi dan
perubahan yang dilakukan oleh PT. Kereta Api Indonesia. Kabarnya juga bahwa saat
ini PT. KAI sudah hampir menyelesaikan lintasan rel yang ada di Kalimantan dan
Sulawesi, waw Bravo! Keinginan paling
realistis dari “kami” sebagai para pengguna kereta api adalah berharap bahwa sektor-sektor
infrastruktur, fasilitas, SDM, sampai keamanan yang saat ini sudah bagus tetap bisa
dipertahankan dan hal-hal yang masih kurang diharapkan bisa dikembangkan lagi
untuk memberikan yang terbaik bagi setiap penggunanya. Sekali lagi, Bravo PT. KAI! dan Selamat Hari Kereta
Api Nasional yang ke-72!
sumber: https://kai.id/ |
Comments
Post a Comment